Menu Tutup

Menikmati Wisata Sore ke Sungai Musi Palembang

Sejarah Wisata Sungai Musi Palembang Darusalam Lebar Panjang

Sungai Musi Palembang – Sungai Musi mengalir dari timur ke barat membelah Provinsi Sumatra Selatan. Sungai Musi merupakan sungai terpanjang di Pulau Sumatra dengan aliran sepanjang 750 kilometer.

Sungai Musi membelah Kota Palembang menjadi dua bagian kawasan, yaitu Seberang Ilir di bagian utara sungai dan Seberang Ulu di bagian selatan sungai. Sungai Musi penting bagi masyarakat Palembang karena sebagai salah satu alternatif sarana transportasi. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya perahu (taksi) motor yang mondar-mandir membawa penumpang yang ingin menyeberang.

Mata air Sungai Musi berasal dari daerah Kepahiang, Provinsi Bengkulu.Sungai Musi merupakan muara dari sembilan anak sungai besar, yaitu Sungai Komering, Sungai Ogan, Sungai Lematang, Sungai Kelingi, Sungai Lakitan, Sungai Semangus, Sungai Rawas¸ Sungai Batanghari, dan Sungai Leko. Karena itu masyarakat Sumatra Selatan memberi julukan Sungai Musi sebagai Sungai Batanghari Sembilan.

Mengapa Dinamai Sungai Musi?

Tidak ada yang tahu pasti mengapa sungai dinamakan Sungai Musi. Ada yang mengatakan nama “Musi” berasal dari kata India, karena terjadinya hubungan Kerajaan Sriwijaya dengan Kerajaan India. Selain itu ada juga yang mengatakan nama “Musi” tersebut diambil dari salah satu bahasa daerah Kayuagung yang bearti berarti “ikut” atau “aliran”.

Pada saat menelusuri Sungai Musi, Anda dapat melihat pemukiman penduduk yang berupa rumah rakit. Rumah rakit adalah rumah tradisional khas masyarakat Sumatra Selatan. Sekarang rumah rakit lama yang ada di Palembang tinggal hitungan jari tangan.

Bentuk rumah dari zaman Sriwijaya ini biasanya digunakan sebagai tempat tinggal, gudang, dan warung. Pada masa Kesultanan Palembang Darussalam, masyarakat dari etnis Tionghoa tinggal di rumah-rumah rakit. Anda juga dapat mengamati kegiatan masyarakat di sepanjang sungai tersebut.

sejarah sungai musi palembang

Bila Anda menyusuri Sungai Musi, dari atas kapal Anda juga dapat melihat beberapa objek-objek wisata di Provinsi Sumatra Selatan, seperti Daerah Bagus Kuning, Mesjid Lawang Kidul, Mesjid Ki Merogan, Benteng Kuto Besak, dan tentunya Jembatan Ampera serta Pulau Kemaro. Di tepi Sungai Musi juga terdapat Pelabuhan Boom Baru dan Museum Sultan Mahmud Badaruddin II.

Hotel Disekitar Sungai Musi Palembang

Di sekitar Sungai Musi terdapat banyak penginapan dengan tarif yang bervariasi antara Rp.250.000,- sampai Rp.5.000.000,-. Di sekitarnya juga terdapat banyak rumah makan, baik yang ada di pinggir wisata sungai musi atau di rumah terapung.

Rumah-rumah makan tersebut menawarkan menu andalannya, seperti Pindang Ikan Patin yang merupakan makanan khas Palembang. Selain itu juga terdapat penjual kerupuk, pempek Palembang, dan kerajinan-kerajinan tangan, seperti kain songket dan kain jumputan.

Postingan Terkait